Monday 16 January 2012

Efek Samping Dari rokok


Rokok sebabkan kerusakan gen dalam hitungan menit
Berita teknologi terbaru.  Ada sebuah temuan baru mengenai bahaya rokok yang begitu mengerikan, lebih dari tulisan yang ada di bungkus rokok.  Para Ilmuan AS dalam penelitian lebih lanjut tentang bahaya rokok, mereka menemukan temuan yang sangat menakutkan, yaitu bahwa zat yang terkandung dalam rokok bisa menyebabkan kerusakan gen dalam hitungan menit. berdasarkan kutipan dari okezone via abc science, Mereka mengatakan bahwa menghisap rokok dalam hitungan menit bisa menyebabkan kerusakan gen yang berhubungan dengan kanker. Selain itu para imuan juga mengatakan bahwa pengaruhnya pun sangat cepat, sama seperti ketika menyuntikan zat substansial langsung ke aliran darah.
Penelitian ini adalah pertama kalinya yang melacak seberapa cepat efek zat substansi di tembakau pada kerusakan DNA. Penelitian ini ada di jurnal Chemical Research in Toxicology, yang diterbitkan oleh American Chemical Society.
Dengan menggunakan 12 perokok sukarelawan, para ilmuwan melacak polutan yang disebut PAH atau polycyclic aromatic hydrocarbon, yang ada di asap tembakau, yang mana juga bisa ditemukan di batu bara.
Para ilmuwan tersebut mengikuti satu jenis zat, yakni phenanthrene, yang ditemukan dalam asap rokok, melalui darah. Para ilmuwan melihat bahwa phenanthrene membentuk sebuah substansi racun yang dikenal sebagai sampah DNA.
Sampah DNA, menyebabkan mutasi, yang mana bisa menyebabkan kanker,” ujar Profesor Stephen Hect, penulis dari studi tersebut.
Para perokok mengembangkan tingkat maksimum dari substansi dalam waktu yang mengejutkan para ilmuwan: hanya 15 sampai 30 menit setelah mereka selesai merokok,” imbuhnya.
credit okezone