Wednesday 25 January 2012

Tips dan Trik Mengatasi “USB Device Not Recognized”

Pesan USB Device Not Recognized biasanya terjadi ketika adanya gangguan dari Host controller hardware, Attached hubs, Attached devices, USB driver version, Support for USB 2.0. USB Flashdisk adalah termasuk perangkat yang sangat rawan terhadap perubaha arus listrik dan juga gangguan listrik statis. Jika saja ada kebocoran arus sedikit saja dalam casing yang akhirnya menjalar ke flashdisk, maka USB Flashdisk bisa mengalami malfungsi.
Pesan error USB Device Not Recognized yang muncul di windows XP terjadi disebabkan adana kesalahan instalasi driver. Yakni saat perangkat USB ditancapkan pada komputer/laptop atau mungkin saat proses instalasi otomatis driver USB tidak terinstal dengan benar. Justru menimbulkan kerusakan fatal pada driver USB lain.
Dibawah ini ada Beberapa Solusi yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah pesan error “USB Device Not Recognized

USB Device Not Recognized

USB Device Not Recognized Tips Mengatasi USB Device Not Recognized
USB Device Not Recognized
  1. Gunakan Device Manager untuk melakukan Scan guna menemukan hardware baru atau informasi perubahan hardware. Untuk melakukannya, Klik Start > Run > Ketik “devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip). Dari Menu Action, pilih “Scan for Hardware Changes“. Pilihan ini akan mengaktifkan deteksi hardware Windows untuk menemukan perangkat yang baru diinstall. Setelah selesai, tutup semua Device Manager dan Control Panel. Perhatikan apakah perangkat USB sudah berhasil terdeteksi.
    USB Device Not Recognized 2 Tips Mengatasi USB Device Not Recognized
  2. Jika cara diatas belum berhasil, silahkan Disable fasilitas Power Management of the USB Root hub. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut :
    • Klik Start > Run > Ketik “devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip yah) dan Klik Ok.
    • Tampilkan semua entri pada bagian Universal Serial Bus Controller, kemudian ikuti langkah berikut untuk setiap USB Root Hub yang tersedia.
    • Klik kanan USB Root Hub > Klik Propertiesusb root hub properties Tips Mengatasi USB Device Not Recognized
    • Klik Tab Power Managementdisable power management Tips Mengatasi USB Device Not Recognized
    • Hilangkan tanda centang pada pilihan check box “Allow the computer to turn off this device to save power”, klik Ok.
  3. Jika dari dua solusi diatas belum bisa menyelesaikan masalah anda, silahkan anda putuskan CPU dari arus listrik apapun selama beberapa saat. Matikan komputer, cabut baterai (untuk laptop), atau mencabut daya listrik (untuk desktop), cabut perangkat USB Anda berikut semua kabel power yang masuk ke CPU dan Monitor. Tunggu 20 sampai 30 menit kemudian hidupkan seperti biasa. Dari sebagian besar kasus, cara ini terbukti ampuh. Namun Terkadang port USB yang longgar dan sudah terdapat Kerusakan pada port USB bisa juga menjadi salah satu penyebab gagalnya deteksi hardware USB.
Untuk rekomendasi anda bisa menggunakan cara yang ketiga. Karena dirasa lebih ampung dalam mengatasi USB Device Not Recognized. Tips kali ini saya ambil dari arifpoetrayunar. Silahkan kunjungi blognya untuk mendapatkan tips2 lainnya.
Semoga tips mengatasi USB Device Not Recognized di atas bermanfaat.