Wednesday 2 November 2011

PEMANFAATAN ANEKA TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI LAHAN PEKARANGAN. SEKOLAHAN ATAU KANTOR

Tanaman obat keluarga akhir-akhir ini lebih ngetrend di mata masyarakat.  Obat-obatan tradisional juga lebih tepat untuk digunakan sebagai pencegah penyakit atau untuk menjaga kesehatan.
Dewasa ini obat-obatan modern dari berbagai macam bentuk sudah dijual bebas, mudah sekali didapatkan dengan harga yang dapat terjangkau dan sudah menjadi bagian dari kehidupan seluruh lapisan masyarakat. TOGA (Taman Obat Keluarga) sudah dikenal masyarakat  yang memuat beberapa manfaat tanaman obat yang sebagai salah satu usaha pendukung untuk meningkatkan fungsi dan manfaat lahan pekarangan baik di rumah, sekolah, maupun perkantoran.
Lahan pekarangan biasanya memiliki luas lahan terbatas dan mempunyai sifat berbeda dengan kebun atau ladang, maka jenis tanaman obat sebaiknya dipilih yang penting dan bermanfaat, juga harus memperhatikan faktor keindahan serta memperhatikan kondisi halaman, kontur tanah, mudah dibudidayakan, tidak menyita tempat, dan bentuk serta adanya pohon atau bangunan lain.
Faktor paling penting dalam mengatur lahan untuk tanaman obat adalah memperhatikan keindahan, tidak merusak/mengganggu pemandangan juga harus diperhatikan keberadaan elemen taman lain (pohon peneduh atau tanaman hias lain, kandang ternak, tiang bendera, lampu penerang, jalan setapak, kolam ikan dan lain-lain).
Manfaat Aneka Tanaman Obat Keluarga yang diusahakan dimaksud adalah seluruh bagian tanaman tersebut mulai dari bagian daun, bunga, buah, kulit buah, kulit batang, batang, akar dan umbi mengandung zat atau bahan aktif yang berkhasiat bagi kesehatan (penyembuhan penyakit).
Cara menggunakan Tanaman Obat Keluarga sehingga dapat berkhasiat untuk obat, di antaranya perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Cara Tanam
1)    Ditanam di sisi-sisi ruang kosong  lahan pekarangan
2)    Ditanam menggunakan pot
3)    Ditanam secara vertikultur