Tuesday 2 August 2011

21 Gunung Api Indonesia Perlu Di Perhatikan

Ya, kabarnya ada gunung gunung merapi di indonesia yang statusnya sudah waspada, siaga dan ber status awas. Gunung merapi aktif  di beberapa daerah sudah ada yang mengalami peningkatan aktivitas. Pusat Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ESDM mencatatkan, ada 21 gunung api yang aktivitasnya sedang meningkat.
“Catatan kita ada 18 gunung yang berstatus waspada, 2 siaga dan 1 berstatus awas,” kata Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Berapi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agus Budianto, Selasa (2/11/2010).
Agus menambahkan gunung api di Indonesia yang berbahaya sebanyak 68 gunung yang tersebar di seluruh wilayah. “Ada 21 yang statusnya waspada hingga awas, dari 68 gunung api bertipe A yang kami pantau,” katanya.
Gunung tipe A adalah gunung yang pernah bererupsi sekurang-kurangnya satu kali sesudah tahun 1600. Sedangkan gunung tipe B adalah gunung yang sesudah tahun 1600 tidak lagi mengalami erupsi. Gunung tipe C adalah gunung berapi yang erupsinya tidak diketahui dalam sejarah manusia, atau tidak ada catatan letusannya.
“Ini kami sampaikan agar masyarakat lebih waspada, karena gunung-gunung itu sering didaki, juga sering untuk jalan-jalan, banyak aktivitas warganya. Dengan pemberitahuan ini agar diperhatikan jika ada hembusan panas,” lanjut Agus.
Berikut daftar / list 21 Gunung Api Indonesia Perlu Di Perhatikan :

18 Gunung yang berstatus waspada:
1. Gunung Sinabung (Karo, Sumut)
2. Gunung Talang (Solok, Sumbar)
3. Gunung Kaba (Bengkulu)
4. Gunung Kerinci (Jambi)
5. Gunung Anak Krakatau (Lampung)
6. Gunung Papandayan (Garut, Jabar)
7. Gunung Slamet (Jateng)
8. Gunung Bromo (Jatim)
9. Gunung Semeru (Lumajang, Jatim)
10. Gunung Batur (Bali)
11. Gunung Rinjani (Lombok, NTB)
12. Gunung Sangeang Api (Bima, NTB)
13. Gunung Rokatenda (Flores, NTT)
14. Gunung Egon (Sikka, NTT)
15. Gunung Soputan (Minahasa Selatan, Sulut)
16. Gunung Lokon (Tomohon, Sulut)
17. Gunung Gamalama (Ternate, Maluku Utara)
18. Gunung Dukono (Halmahera Utara, Maluku Utara)
2 Gunung yang berstaus siaga:
1. Gunung Karangetang (Sulut)
2. Gunung Ibu (Halmahera Barat, Maluku Utara)
1 Gunung bersatus awas, yakni Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta. [beritajatim.com]

Keyword berhubungan:

gunung aktif di indonesia (30), gunung api indonesia (7), gunung yang sedang aktif (4), gunung gunung aktif di indonesia (4), gunung yang masih aktif di indonesia (3), gunung-gunung aktif di indonesia (3), gunung tidak aktif di indonesia (3), gunung merapi yang ada di indonesia (2), gunung yang masih aktif (2), gunung-gunung di indonesia yg sedang aktif (2)