Monday 8 August 2011

Cara mengetahui serangan keylogger

Anda mungkin sudah tahu apa itu keylogger. Keylogger memang sebuah tool yang sangat berbahaya, terutama jika sudah menginfeksi komputer yang terkoneksi ke internet dan anda tidak menyadarinya. Dampak terburuknya yaitu semua password penting anda seperti password paypal, libertyreserve, klikbca, Facebook dapat dicuri oleh orang lain. Apakah itu artinya tidak ada langkah antisipasi untuk hal tersebut? Tentu saja tidak, ada sebuah trik untuk mengetahui serangan keylogger pada komputer anda. Semuanya akan saya jabarkan disini.

Cara mengetahui serangan keylogger ini berbeda dengan cara mengatasinya, karena trik ini hanya untuk melihat apakah komputer kita terkena serangan keylogger atau tidak. Untuk cara mengatasi keylogger, akan saya berikan pada postingan yang lain.

Cara mudah mengetahui serangan keylogger adalah sebagai berikut :

1. Buka command prompt. Masuk ke accessories >> command prompt

2. Ketikkan dir kemudian tekan enter
mengetahui serangan keylogger images
3. Jika sudah sekarang brur ingat angka yang muncul di command prompt (Silahkan catat nomornya di kertas atau di notepad agar anda tidak lupa).
mengetahui serangan keylogger images
4. Kemudian sekarang buka program notepad ketik sembarangan dan usahakan agak banyak, tetapi jangan disave

5. Ulangi langkah 1 s/d 3, setelah itu lihat angka yang muncul. Apakah angkanya berubah atau enggak? Bilamana angkanya berubah berarti komputer atau PC brur terkena serangan keylogger.

Sekian. Sekarang seharusnya anda sudah tahu apakah komputer anda terkena infeksi keylogger atau tidak. Sebenarnya ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui serangan keylogger di PC atau komputer. Keylogger yang aktif akan memakan memori komputer saat saat kita beraktivitas seperti mengetik password dll, walaupun hasil ketikan itu tidak kita save, karena programnya tersembunyi dan langsung otomatis eksekusi begitu komputer dinyalakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!