Tuesday 16 August 2011

Gado - Gado

Masakan asal Jakarta ini memang sangat populer. Saya memodifikasinya dengan menambahkan mie kuning sebagai campuran gado-gado, tujuannnya agar gado-gado menjadi hidangan sepinggan yang kaya gizi karena dengan ditambah mie maka ada sumber sumber karbohidrat di dalam hidangan ini. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo

Gado-Gado

Bahan:
100 g mi kuning, rebus, tiriskan
100 g daun selada, potong-potong
2 buah telur rebus, potong-potong
100 g kentang rebus, potong-potong
60 g kacang panjang, rebus, potong-potong
60 g kol, rebus, potong-potong
Pelengkap:
100 g kerupuk udang, goreng
1 sdm bawang merah goreng
Saus Kacang:
200 g kacang tanah, goreng, haluskan
300 ml santan
4 buah cabe rawit merah, haluskan
3 buah cabe merah, haluskan
4 siung bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1 1/2 sdm irisan gula merah
2 lembar daun jeruk prut
½ sdm air asam jawa
1 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
1. Saus Kacang: Panaskan minyak, tumis semua bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, aduk rata. Tuang santan, gula jawa, kacang tanah yang telah dihaluskan, dan garam. Masak hingga mendidih dan kental. Angkat.
2. Siapkan piring saji, atur semua bahan gado-gado di atas piring. Sesaat sebelum disajikan, siram dengan saus kacang. Hidangkan dengan kerupuk udang dan bawang merah goreng sebagai pelengkap penyajian.
Untuk 4 Pori

Tip: Anda juga bisa mencampur saus kacang dengan semua bahan gado-gado, aduk rata dan hidangkan. Campur saus kacang dengan bahan gado-gado sesaat sebelaum dihidangkan agar gado-gado tidak berair. Sayuran bisa diganti sesuais elera, misalnya ditambahkan potongan timun dan tauge.