Monday 22 August 2011

Ingin Masak Rendah Lemak? Coba Trik Berikut

Saat memasak, yang kita inginkan tentunya masakan yang enak, lezat, dan tentunya rendah lemak. Memasak yang bagaimana agar masakan rendah lemak? Kita coba tips berikut ini yang diambil dari Cookingtips.net.

* Biasakan mengukur minyak yang Anda gunakan ketika memasak, bukan hanya asal menuangkan minyak keluar dari botol.
* Gunakan panci antilengket, sehingga tidak memerlukan minyak yang banyak. Saat menumis, gunakan sedikit kaldu ayam atau anggur sebagai pengganti mentega atau minyak.
* Untuk membuat kaldu bebas lemak, dinginkan kaldu ayam atau daging yang dibuat. Lemak akan mengapung sehingga mudah membuangnya.
* Kandungan gizi beberapa sayuran dan buah-buahan, seperti kentang dan apel, justru lebih banyak di kulitnya. Jadi, masaklah sayuran dan buah-buahan tersebut bersama kulitnya.
* Vitamin C cepat larut pada saat pemasakan, maka masaklah sayuran yang mengandung vitamin C dengan air sedikit dan hanya sebentar saja.
* Sediakan selalu stok rempah-rempah di lemari Anda. Kunci masakan rendah lemak tapi tetap lezat adalah pada rempah-rempahnya. Jangan ragu memasukkan rempah-rempah dalam masakan Anda.
* Belilah satu set alat masak antilengket yang terbaik.
 
* Saat memasak hidangan yang membutuhkan sayuran dan daging, cobalah kurangi dagingnya 1/3 bagian, dan isi kekurangan itu dengan sayuran. Tidak akan ada bedanya! Malah lebih sehat.
* Untuk mengentalkan saus yang menggunakan susu, tambahkan sedikit tepung, dan masak agak lama supaya tepungnya tidak berasa mentah. Nah, lemak dari daging dan susu akan sedikit berkurang.
* Gunakan minyak zaitun untuk menumis atau membuat salad. Ini akan menambah cita rasa masakan Anda dan tentunya lebih sehat.


source: http://id.berita.yahoo.com/ingin-masak-rendah-lemak-coba-trik-berikut-042030521.html