Monday 27 February 2012

kekurangan dan kelebihan netscape navigator

Netscape Navigator merupakan salah satu web browser yang sering digunakan dan cukup terkenal pada tahun 1900 an, web browser ini pun sampai sekarang masih digunakan hanya saja kalah penggunanya dengan IE ataupun Mozilla Firefox. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
Pada zamannya, Netscape Navigator banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape Navigator tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Tetapi Kini, AOL (America Online) selaku pemilik Netscape Navigator, telah memutuskan untuk menghentikan support-nya terhadap browser tersebut sejak 1 Februari 2008. Sejak saat itu, tidak ada lagi pengembangan browser Netscape, begitu juga dukungan update untuk Netscape Navigator 9 dan versi-versi sebelumnya. Meskipun begitu, akses download versi yang pernah dirilis masih akan disediakan, begitu juga dengan Netscape.com yang akan tetap ada sebagai website portal internet. Selanjutnya pengguna yang ada saat disini direkomendasikan untuk beralih ke Mozilla Firefox.
Netscape Navigator sangat kompatibel dengan sistem operasi UNIX dan Mac OS, Web browser ini juga support dengan JavaScript web programming karena memang Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.