Akibatnya mesin menjadi bergetar (vibrasi/pincang). Lebih parah lagi bisa terjadi backfire atau ledakan baik di knalpot atau di intake, karena bensin yang tidak terbakar sempurna.
Retak atau sobeknya kabel busi membuat isolasi tidak bisa melindungi kawat inti yang mengalirkan tegangan tinggi, sehingga terjadi lompatan arus listrik menuju massa/negatif/ground terdekat.
Misalnya body mesin itu sendiri. Dengan terjadinya lompatan arus litrik ke ground, maka arus listrik yang diterima busi menjadi sangat berkurang, bahkan mungkin tidak ada sama sekali. Busi tidak bisa memercikkan api, dan bensin tidak terbakar. Inilah yang membuat mesin bergetar atau berguncang.
Loncatan arus listrik tadi ada yang terlihat ada yang tidak terlihat mata.
Bahkan kadang retak dari kabel busi pun bisa tidak terlihat.
SPARK PLUG WIRE TESTER
Di toko perlengkapan/tools untuk otomotif ada yang menjual alat khusus untuk mencari kabel mana yang bermasalah.( ddn / ddn-detik.com )
blogilicious trah yogyakarta