Monday 6 February 2012

Cara Mencari sayur yang fresh

Sejak duduk di bangku sekolah, kita selalu mendapat pelajaran tentang beragam manfaat gizi untuk kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Mau diolah dalam aneka bentuk makanan, keduanya tetap memberikan kebaikan bagi tubuh.


Sayangnya, sebelum siap dimakan, Anda sering terbentur kendala bagaimana memilih buah dan sayur yang segar. Dalam kondisi segar dan sehat, niscaya dapat meraih manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur. Otomotis, buah dan sayu rdalam kategori tersebut juga aman dikonsumsi.

Oleh karena itu, tips pertama adalah cara memilih buah yang sehat dan segar. Berikut adalah daftar check list praktis yang bisa dijadikan panduan sesuai informasi Direktorat Budidaya Tanaman Buah Kementrian Pertanian:


  • Tingkat kematangan yang cukup
  • Buah tampak segar
  • Warna kulit buah cerah
  • Bentuk buah bagus
  • Kulit buah bersih dan mulus
  • Aroma buah harum
  • Tidak ada bekas serangan hama dan penyakit

Kedua, inilah resep efektif untuk memilih sayur mayur yang segar. Secara keseluruhan, serupa dengan memilih buah segar, faktor penting yang perlu diketahui adalah warna cerah, tampak kesat, beraroma segar, dan memilih bentuk yang bagus.

Untuk sayur yang berbentuk daun, pilihlah yang tulang daunnya tampak jelas dan batang daun mudah dipatahkan. Sedangkan untuk sayuran umbi, Anda dapat mencari kulit umbi yang tidak memar, tidak berlubang, fisiknya cukup keras, dan tidak berair. Sedangkan untuk kategori bawang yang segar adalah yang kondisinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah serta tidak keriput.

Sebaiknya hindari bila sayur sudah berwarna kusam dan daunnya layu serta warnanya telah menguning. Apalagi jika disertai dengan bentuk fisiknya yang lunak ketika dipegang, layu, berkeriput, dan terlalu berair.

Secara lebih detail, berikut adalah contoh saat Anda membeli sayur brokoli segar. Carilah brokoli dengan kuncup hijau segar, bebas dari perubahan warna dan noda kotoran. Hindari warna daun yang sudah kekuningan, kondisinya sudah lembab di daun dan tunas, serta mengeluarkan bau khas yang kuat.

Serupa dengan memilih brokoli, begitu juga ketika harus membeli wortel segar. Carilah dalam warna oranye cerah, permukaan halus, dan bentuknya padat. Jika kebetulan Anda membeli wortel dengan pucuk daun, pastikan daunnya berwarna hijau. Hindari pula kondisi berubah warna cokelat dan berbintik-bintik kecil. Selamat memilih sayur dan buah segar untuk kesehatan Anda.