Sunday 5 February 2012

Tips Mengetahui Kecepatan Modem Smartfren EVDO Rev B Fase 2

Buat para mania internet dan insan blogger pada khususnya, kali ini PandaAnku.com akan membahas mengenai teknologi EVDO Rev B fase 2. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa teknologi EVDO generasi pertama yang diperkenalkan adalah EVDO Rev A. EVDO yang merupakan singkatan dari Evolution Data Optimized atau Evolution Data Only adalah standar wireless broadband CDMA yang berkecepatan tinggi. Di indonesia, Smartfren merupakan salah satu pelopor dan penyedia layanan teknologi ini.
EVDO Rev A memiliki kecepatan up to 3,1 Mbps. Selang beberapa bulan disusul dengan kehadiran EVDO Rev B fase 1 yang memiliki kecepatan up to 9,3 Mbps. Dan sekarang yang paling anyar adalah teknologi EVDO Rev B fase 2 yang dapat mencapai kecepatan up to 14,7 Mbps.
Memang kelihatan sudah cukup lama teknologi EVDO Rev B diperkenalkan ke publik. Dan pada saat itu dikenalkan pula dengan launching perangkat modem yang bisa mendukung kecepatan EVDO Rev B yaitu modem AC2791 dan modem EC 306-2. Hal ini dikarenakan teknologi EVDO Rev B memiliki perbedaan kecepatan dengan EVDO Rev A.
Untuk jangkauan sinyal dari teknologi EVDO Rev B saat ini baru ada di Jakarta dan Bali. Untuk kota-kota lain  masih baru bisa menikmati jangkuan teknologi EVDO Rev A. Nah bagaimana dengan akses data maksimal yang dapat diterima user apabila sinyal EVDO belum merata diseluruh wilayah? Sebenarnya PandaAnku.com sudah pernah membahasnya pada postingan sebelumnya yaitu Cara Memperkuat /Memaksimalkan Modem CDMA/EVDO Smartfren Agar Cepat & Anti Lemot. Semoga kedepannya kita dapat menikmati jangkauan sinyal ini secara merata.
Sedangkan EV-DO Rev B fase 2 juga tidak jauh berbeda dalam hal jangkaun sinyalnya dengan EV-DO Rev B diatas.  EV-DO Rev.B fase 2 diunggulkan sebagai layanan Internet broadband berkecepatan tinggi yang setara dengan teknologi GSM 3,5 G. Teknologi EV-DO Rev B fase 2 sudah mendukung akses internet cepat hingga 14,7 Mbps untuk mengunduh (download), serta kecepatan hingga 5,4 Mbps untuk mengunggah (upload).
Untuk harganya tarifnya, PandaAnku.com telah melihat langsung pada situs resmi Smartfren bahwa pelanggan diberikan pilihan layanan pembayaran oleh Smartfren. Untuk tipe Postpaid adalah Rp 275.000/ bulan. Sedangkan bagi pelanggan layanan tipe Prepaid bisa menikmati pilihan paket volume base Rp 150.000 berlaku 30 hari dengan benefit volume quota 12GB, kecepatan sampai dengan 14,7Mbps. Disamping itu untuk layanan Prepaid Smartfren juga menghadirkan paket premium booster 3 yang diperuntukkan bagi pelanggan premium Smartfren.
Teknologi EV-DO Rev B fase 2 sekarang hanya bisa dinikmati di Jabodetabek saja, sedangkan untuk kota-kota yang lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar akan segera menyusul. Kami berharap teman-teman yang sudah bisa menikmati  EV-DO Rev B fase 2 bisa menuliskan review dan komentar disini demi informasi kita bersama.