Monday 6 February 2012

Aneka Resep Ibu Menyusui

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan utama bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan. Selama masa menyusui, seorang ibu biasanya memproduksi ASI kurang lebih 800-850 ml per hari. Pada umumnya, dalam 100 gram ASI terkandung kalori 60 ml kal dan protein 1,2 gram. Komponen nutrisi ini berasal dari sari makanan yang dikonsumsi ibu. Produksi ASI akan lancar jika kebutuhan gizi ibu tercukupi. Oleh karena itu, ibu menyusui harus cermat dalam menyusun pola makan.
Selain pola makan yang seimbang, ibu menyusui juga harus cermat dalam memilih bahan makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Ibu menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran tertentu seperti daun katuk dapat melancarkan produksi ASI karena mengandung laktagogum. Daun katuk juga kaya betakaroten (provitamin A), vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium yang penting bagi ibu menyusui. Penguasaan tentang menu-menu sehat tentu akan berguna bagi ibu menyusui.
Bahan makanan lain yang juga bermanfaat bagi ibu menyusui di antaranya: protein hewani (udang, ayam, daging, dan ikan), protein nabati (tahu dan tempe), sayuran hijau (daun singkong, bokcoy, dan bayam), dan kacang-kacangan (kacang panjang, kacang kedelai, dan kacang merah). Lebih lanjut baca di halaman Nutrisi Penting Untuk Ibu Menyusui.
Berikut ini daftar / katalog resep Ibu Menyusui yang tersedia di sini. Silahkan klik pada nama resep yang bersangkutan untuk melihat secara detil isi dari resep tersebut, termasuk bahan-bahan dan cara pembuatannya.