Friday 6 March 2015

Informasi dan Tips Mendapatkan Custom PIN BBM

Berbeda dengan instant messenger lain, Blackberry Messenger menggunakan PIN (dan bukan nomor telepon) sebagai bentuk identifikasi Anda. Cara ini memang memiliki kelebihan karena jika Anda berganti nomor telepon, PIN BBM tetap sama. Namun cara ini juga memiliki kekurangan karena deretan angka PIN BBM agak sulit dihapal dan dibagi ke orang lain.
Namun kesulitan nomor PIN ini menjadi hilang setelah Blackberry mengumumkan fasilitas baru BBM yang bernama Custom PIN. Lewat fasilitas ini, Anda bisa mengganti PIN BBM Anda sesuka Anda, apakah menjadi nama panggilan, nama perusahaan, maupun nama-nama lain—selama jumlahnya 6-8 karakter.
Untuk mendapatkan PIN sesuka hati, caranya adalah sebagai berikut.
  1. Update aplikasi BBM Anda ke versi terbaru (2.7.0.21)
  2. Klik icon Menu (tiga garis vertikal), klik Shop
  3. Klik icon Custom PIN pada Subriptions
  4. Pada menu yang muncul, tekan Subscribe
  5. Nanti akan muncul pilihan pembayaran, apakah menggunakan potong pulsa (carrier billing) atau Google Play
  6. Jika menggunakan carrier billing, Anda akan diberi kode khusus melalui SMS
  7. Setelah itu, Anda tinggal pilih nama PIN yang ingin Anda gunakan. Syaratnya adalah PIN terdiri dari 6-8 karakter, bisa berupa huruf dan angka berikut kombinasinya, serta bukan karakter spesial.
custom PIN
Di menu Shop>Subscriptions, terdapat layanan Custom PIN sehingga Anda bisa memilih PIN sendiri
Saya sendiri tidak menemui kesulitan mendapatkan PIN “tolenk” yang merupakan nama panggilan saya (mungkin karena belum banyak yang menggunakan Custom PIN, atau karena tidak ada lagi yang bernama “tolenk” di dunia ini). Perlu dicatat, nama yang Anda pilih sebagai PIN khusus tersebut sifatnya tetap alias tidak bisa diganti-ganti. Jika mau ganti, Anda harus membatalkan langganan Anda lalu berlangganan lagi—dengan resiko PIN lama Anda akan diambil orang.
Kini saya memiliki PIN BBM yang mudah diingat oleh saya maupun teman-teman saya. Namun itu cuma sebentar karena bulan depan sepertinya saya akan berhenti berlangganan Custom PIN ini. Soalnya, biaya langganan US$1,99 per bulan untuk sekadar memiliki PIN khusus menurut saya terlalu mahal.