Tuesday 3 March 2015

Penjelasan Informasi Tentang RAM , Fungsi RAM Dan macam macam jenis RAM komputer

Macam macam  jenis RAM

Penjelasan Informasi Tentang RAM , Fungsi RAM Dan macam macam jenis RAM komputer


RAM Pasti bagi kalian pengguna komputer atau laptop pasti pernah mendengar kata RAM/ Memory pada komputer kalian.yah apakah kalian tahu apa kepanjangan , fungsi , dan jenis- jenis RAM tersebut . Di artikel ini tutorialmu akan membahas tentang RAM.




RAM adalah Singkatan dari Random Acces  Memory , atau yang biasa di sebut dengan instilah memory . RAM adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara lalu di salurkan lagi ke komputer . Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, semakin cepatlah proses penyaluran data  komputer.

Penjelasan ringkas proses nya seperti ini pada kalian saat ini membuka Browser , itu juga bergerak dan di proses melalui Data Dari Hardisk yang kalian Instal > Berjalan ke RAM > baru Tampilah Browser ,

Untuk melihat Berapa Besarya Memory komputer yang anda milik , anda dapat mengaksesnya di Properties di My Computer , dengan Cara Start > klik kanan pada Computer > Properties


Memmory (RAM) 2 Gb (1.59 usable)

Macam - Macam Jenis RAM adalah sebagai berikut : 


  • Ram Jenis pertama Adalah RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
RAM (Dynamic RAM)


  • Dan yang kedua yaitu SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM , Slot memori pada SD RAM sebanyak 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). dan memiliki kecepatan di atas 100 MHz. Jenis Memory RAM model ini banyak digunakan pada Komputer Pentium 2 dan Pentium 3 dan juga pada Pentium 4 keluaran pertama .
SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)

  • Yang ketiga yaitu  DDR1 adalah jenis memory yang di kembangkan lagi setelah SDRAM untuk harganya pastinya juga lebih mahal daripada SDRAM .dengan data transfer sebesar 64 bits, DDR SDRAM telah menggunaka DIMM 184 pin. DDR SDRAM memberikan transfer rate sebesar : Memory Bus Clock Rate x 2 x 64 di bagi 8. Jika frekuensi bus 100 MHz, maksimum kecepatan transfer data yaitu (100 64) / 8, yaitu 1600 MB perdetik .Jenis RAM model ini banyak di gunakan pada Komputer Pentium 4 keluaran generasi kedua .
RAM model DDR1

  • Yang ke empat yaitu DDR2 Merupakan kelanjutan dari teknologi DDR SDRAM. di kembangkan dan  keluar sekitar tahun 2003 , lalu sekitar akhir tahun 2004 DDR2 mulai menggantikan standar DDR1. Tidak seperti DDR SDRAM, DDR2 menggunakan DIMM 240 pin, ram jenis ini liki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM .
RAM DDR2

  •  yang kelima DDR3 adalah jenis memori yang merupakan pengembangan setelah DDR2 ,kelebihan dari RAM DDR3 adalah memiliki kemampuan kecepatan transfer data dua kali lebih cepat dari DDR2 . DDR3 hanya perlu mengkonsumsi daya 30% lebih hemat dari DDR2, yaitu hanya 1.5 V sedangkan pada DDR2 1.8V, dan DDR1 2.5 V. Pada RAM DDR3 memiliki 240 pin .
RAM DDR 3 

  • Yang ke enam Yaitu SO-DIMM atau sigkatan dari Small Outline Dual In-Line Memory Module merupakan jenis RAM yang di gunakan pada Laptop / notebook Untuk ukuranya lebih kecil daripada ukuran ram biasa karena dia lebih di fungsikan untuk menghemat ruang dan tempat pada Laptop ataupun notebook . Pada Slot SO-DIMM memiliki 204 pin. Lebih sedikit daripada DDR3 SDRAM.

RAM MODEL SO-DIMM