Sunday 23 October 2011

Panduan dan tutorial blog multiply

Beberapa hari ini ada beberapa teman baru yang mengirim email, tanya soal "Bagaimana bikin blog di multiply?". Buat temen2 yang advanced mungkin pertanyaan seperti ini aneh ya? wong tinggal sign up kayak bikin email saja kok masih tanya. Tapi tunggu dulu, karena faktanya masih belum tahu apa itu blog dan bagaimana bikinnya.

Berikut ini saya akan sedikit ulas tentang apa itu blog dan cara membuat blog di multiply. Buat yang sudah mahir, silakan nanti ditambahkan. Tapi karena ini tujuannya bagi pemula, mohon tips-tips tingkat expert-nya jangan dikeluarkan ya.

1. Apa itu blog
Kalo menurut Enda, Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Selengkapnya bisa baca disini.

2. Dimana saya bisa bikin blog
Ada banyak blog server di internet (baik yang bayar atau gratisan). Beberapa diantaranya adalah blogger, blogsome, blogdrive, multiply, wordpress dan masih banyak lagi. Jadi multiply adalah salah satu jenis blog server. Untuk bisa menggunakannya kita harus punya account disana.

3. Bikin blog di Multiply
Caranya sangat gampang, ikuti langkah berikut :
a. Ketik di URL --> http://multiply.com

b. Klik banner "Join Now"

c. Isilah biodata yang di minta, berturut-turut adalah :
    - Pick user ID (Pilih ID kamu misalnya "hady82")
    - Pick a password (Tulis password; kata kunci)
    - First Name  (Nama depan)
    - Last Name (Nama belakang)
    - Email adress (Tulis email kamu disini)
    - Date of birth (Tulis tgl lahir)
    - Gender (Jenis kelamin)
    - Country (Negara)
    - Zip Code (Kode Pos)

d. Setelah itu klik banner "Register".  Jika berhasil maka akan tertampil perintah "Add contact" klik Next. Jika proses "Register" gagal, ulangi lagi mungkin ada data kamu yang salah. Beberapa penyebab "Register" gagal disebabkan oleh :
     - ID kamu sudah ada yang make
     - Email kamu sudah pernah ke daftar
Jadi pastikan isi dengan benar, kalo bisa yang unik karena nanti akan menjadi nama blog kamu. Misalnya dengan ID "hady82" maka nama blognya akan menjadi "hady82.multiply.com"

e. Setelah proses "Register" selesai, kamu akan menerima email verifikasi. Klik saja email kamu itu, secara otomatis kamu sudah 100% berhasil registrasi.

f. Nah, sekarang kamu sudah punya account di multiply, proses selanjutnya tinggal mengisi dengan tulisan-tulisan sesuka kamu. Fitur-fitur yang ditampilkan oleh multiply antara lain :
      - My photo (Buat upload foto2 kamu)
      - My Blog (Untuk nulis tulisan kamu yang umum)
      - My Reviews (Untuk nulis ulasan, misalnya kamu mengulas buku, film dll)
      - My Music (Ini buat upload music supaya bisa di donlot yang lain)
      - My calender (untuk mencatat kegiatan/even dsb)
Yang perlu dingat, nama-nama depan ini bisa diganti sesuka kamu. Misalnya, My Blog bisa diganti dengan "Tulisanku". Caranya? klik "My Setting". Begitu juga untuk yang lain.

Mungkin itu dulu ya. Paling nggak dasar2nya kamu semua dah bisa. Kalo pengen nambah efek yang lain, bisa asal kamu juga ngerti bahasa HTML. Tapi kalo pengen yang simpel dan sederhana, mungkin ini sudah cukup.

Satu lagi, multiply menyediakan akses networking (jejaring), jadi kamu bisa nambah teman baru sesama pengguna multiply (mirip friendster). Jika seseorang sudah masuk dalam kontak kita maka secara otomasti setiap tulisan kita postingkan akan bisa dibaca langsung sama ybs.

Bagaimana, mudahkah nge-blog di multiply? tips-tips selanjutnya akan menyusul.