Monday 19 October 2009

Firefox Blokir Software Microsoft

Browser Mozilla Firefox memang bersaing dengan Internet Explorer-nya Microsoft. Tapi apakah ada hubungannya persaingan itu dengan diblokirnya komponen piranti lunak Microsoft oleh Firefox?

Pengguna setia Firefox mungkin akan mengalami hal yang sama dengan yang diamati detikINET pada Senin (19/10/2009). Sebuah pesan tiba-tiba muncul menyatakan adanya komponen yang diblokir oleh browser Open Source tersebut.

Bukan kebetulan jika satu komponen yang diblokir dan satu komponen yang disarankan untuk dimatikan itu berasal dari Microsoft. Keduanya adalah Add-Ons dari Microsoft, tepatnya Windows Presentation Foundation (diblokir) dan .Net Framework Assistant 1.1 (disarankan untuk dimatikan).

Apakah pemblokiran ini terkait dengan persaingan antara Mozilla Firefox dengan Internet Explorer? Tentunya tidak, disebutkan bahwa pemblokiran ini dilakukan untuk mencegah bahaya keamanan yang berasal dari kelemahan pada kedua komponen tersebut.

Sejak versi terbarunya Firefox memang memiliki tingkat mawas keamanan yang lebih tinggi. Salah satunya ditunjukkan pada pemeriksaan versi Adobe Flash yang dilakukan browser tersebut saat baru di-upgrade.

Langkah ini, menurut Mike Shaver Vice President of Engineering dari Mozilla, sudah direstui oleh Microsoft. "Microsoft setuju dengan rencana (pemblokiran) itu, dan kami telah mengaktifkan daftar blokir itu segera," sebut Shaver dalam blog resminya.

Belakangan, Shaver mengungkapkan bahwa .Net Framework Assistant itu ternyata tidak termasuk wahana penyerangan. "Kami telah mencabutnya dari daftar blokir. Pengguna akan mendapatkan add-on itu aktif kembali seiring kami menyebarkan daftar blokir yang baru," sebut Shaver.

( wsh / wsh-detikinet)