Monday 19 October 2009

Otoritas AS Investigasi Rentetan iPod Terbakar

Kejadian pemutar musik Apple iPod overheat dan menimbulkan api dilaporkan menimpa beberapa konsumen di Amerika Serikat. Ini membuat otoritas Consumer Products Safety Commission (CPSC) melangsungkan investigasi.

Seperti dilansir NewsInferno dan dikutip detikINET, Senin (19/10/2009), dilaporkan bahwa CPSC sedang menyelidiki 18 laporan iPod overheat yang muncul sejak tahun 2002.

Dalam salah satu kasus terbaru, seorang gadis asal Portland bernama Hayley Mooney melaporkan tangannya terbakar setelah iPodnya mengalami overheat. Saat itu, iPod miliknya itu sedang dipakai mengunduh lagu.

Menurut laporan stasiun televisi setempat -- KPHO-TV -- iPod overheat terjadi di beberapa daerah seperti New York dan Washington. Di sebagian kasus, pemutar musik digital itu dikabarkan meledak dan melukai pengguna.

Masih menurut KPHO, beberapa konsumen yang mengalami kejadian tersebut mengklaim pihak Apple tak menanggapinya dengan serius.

"iPod didesain amat bagus dan keselamatan adalah prioritas tertinggi bagi Apple. Angka insiden overheat baterai kurang dari 0,0001 dari semua produk yang terjual dan tak ada kerugian serius. Jika konsumen merasa ada masalah dengan baterai, silakan kontak AppleCare," demikian pernyataan Apple.

Tampaknya Apple harus lebih serius menangapi masalah ini. Sebab, kejadian iPod overheat tak hanya terjadi di Amerika Serikat saja. Di Jepang dan Inggris, masalah serupa juga terjadi.
( fyk / ash-detikinet )