Wednesday 28 October 2009

Kacamata Berkabut Manjakan Gamer dan Kutu Buku

Ardhi Suryadhi - detikinet

Wink Glasses (Ist.)
Jepang memang benar-benar identik dengan inovasi canggih. Kacamata yang terlihat biasa pun bisa dipermak menjadi sebuah gadget canggih oleh perusahaan asal Negeri Sakura itu.

Masunaga Optical Manufacturing -- demikian nama perusahaan tersebut -- telah menciptakan sebuah kacamata untuk menjawab kebutuhan para penggila game, komputer dan kutu buku.

Pasalnya, ketiga sosok di atas sering bermasalah dengan penglihatan mereka yang kerap kekeringan atau bahasa ilmiahnya mengalami ocular dehydration lantaran terlalu lama terpaku terhadap satu objek.

Kacamata canggih ini bernama 'Wink Glasses'. Cara kerja alat ini, ketika sensor di dalamnya mendeteksi bahwa pengguna belum berkedip lebih dari 5 detik, maka ia akan mengeluarkan 'kabut' dan menghasilkan cairan display kristal yang membuat kacamata menjadi berembun.

Namun setelah itu, dilansir AFP dan dikutip detikINET, Rabu (28/10/2009), kacamata seharga 40 ribu Yen atau setara dengan US$ 430 ini akan 'berkedip' lagi untuk membuat lensa kacamata bersih seperti semula.

Masunaga memang bukan perusahaan sembarangan. Mereka adalah perusahaan kacamata yang menyokong mantan calon wakil presiden AS Sarah Palin. Atas kerjasama itu pula, perusahaan yang berbasis di Fukui ini menjadi lebih populer.

( ash / faw )