Thursday 15 October 2009

Google: Ubah Gambar Menjadi 3 Dimensi dengan Mudah

Google baru saja merilis Building Maker, sebuah perangkat yang memungkinkan penggunanya dengan mudah dan cepat mengubah gambar datar dua dimensi pada Google Earth menjadi struktur tiga dimensi.

Hal ini menjadi mungkin dilakukan hanya dengan meluruskan rangkaian persegi dan bujur sangkar pada foto yang ada dengan menggunakan peranti lunak modelling SketchUp dari Google.

Dalam blog resmi Google, Product Manager Google Mark Limber dan Perancang User Experience Matt Simpson membenarkan bahwa crowdsourcing merupakan salah satu cara paling efektif dalam memperbesar dan meningkatkan layout Google Earth yang telah ada.

"Beberapa dari kami di Google menghabiskan hampir sebagian besar waktu kami untuk memikir satu hal yaitu, bagaimana menciptakan model tiga dimensi dari setiap struktur yang dibangun dalam Google Earth? Bagaimana kami meyakinkan bahwa gambar tersebut akurat dan tentunya bermanfaat bagi orang-orang yang akan menggunakannya?," tulis Limber seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (15/10/2009).

Limber menyebutkan, kini mereka telah menemukan caranya dan mengklaim perangkat baru tersebut sangat menyenangkan dan bisa membuat orang 'ketagihan' untuk menggunakannya. Yang terpenting lagi, perangkat ini dapat menghasilkan perubahan bentuk gambar yang akurat hanya dalam hitungan menit.

Building Maker kompatibel dengan sebagian besar browser, meski pengguna web yang akan membangun gambar tiga dimensi akan membutuhkan akun Google Earth, namun tersedia versi kopian gratis peranti lunak modelling SketchUp dan kopi Google Earth yang bisa diinstal pada komputer mereka. (okezone)