Sunday 25 December 2011

ips-Tips Penting Untuk Ponsel Symbian

Untuk Anda yang memiliki ponsel dengan sistem operasi symbian, ada beberapa tips penting untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Cara mengubah penyimpanan pesan. Menyimpan pesan di memori ponsel sebenarnya tidak disarankan karena dapat memenuhi memori telepon yang kapasitasnya terbatas sehingga kinerja ponsel ini terhambat. Hal ini akan menimbulkan kesulitan ketika ingin menerima file dalam ukuran besar seperti mp3 atau video. Selain itu, file tersebut tidak akan bisa dikembalikan lagi jika ponsel terformat atau rusak total. Karena itu, ubahlah memori pesan dari telepon ke kartu memori. Caranya buka menu pesan - pilih pengaturan - pengaturan lain - memori yang digunakan - terakhir ubah penyimpanan kartu dari memori telepon ke memori kartu.
  2. Cara menghapus aplikasi yang tidak ada di aplikasi manajer. Anda mungkin bingung ketika ingin menghapus aplikasi tetapi filenya ternyata tidak ada di manajer. Hal ini bisa diatasi, caranya buka aplikasi pengolah data seperti Xplorer, FExplorer, fileman dan lain-lain. Akses drive C atau E (tergantung dimana Anda menyimpan aplikasi tersebut) Akses sistem - apps. Pada beberapa apps ini, cari folder aplikasi tersebut. Jika sudah ditemukan, Anda bisa menghapusnya.
  3. Cara menyembunyikan data tanpa aplikasi. Sebagian data yang ada di ponsel mungkin ada beberapa data dianggap penting atau rahasia. Kebanyakan pengguna ponsel biasanya menggunakan aplikasi untuk menyembunyikan data tersebut. Nah, dengan menggunakan cara berikut, Anda dapat menyembunyikan data tanpa aplikasi apapun. Caranya, cari file yang ingin disembunyikan dengan FExplorer atau pengolah file lain. Setelah ditemukan pilih option - file - rename ubah ekstensi menjadi enc. Dengan ara ini file tersebut tidak akan terlihat di gallery. Jika data tersebut ingin dibuka lagi, Anda cukup mengubah ekstensi enc ke format yang awal.
  4. Cara mengirim aplikasi yang sudah terinstal. Jika Anda ingin menginstal aplikasi, missal dari teman Anda. Tetapi file installernya tidak ada, lalu bagaimana mengakalinya? Langsung saja pada ponsel teman Anda, buka FExplorer atau pengolah data lainnya. Akses sistem - apps - cari folder apps dan kirim ke ponsel Anda via Bluetooth. Susun file-file menggunakan FEplorer kiriman file aplikasi yang Anda terima. Cara ini hanya efektif jika filenya tidak banyak. Jika banyak, maka harus lebih bersabar.
  5. Fungsi copy paste. Cara ini mudah sekali, terus saja tombol pensil sambil menekan tombola rah. Kemudian tekan softkey kiri, cara ini akan mengcopy teks yang disorot. Untuk paste, cukup tekan kembali softkey kiri. Mudah-mudahan beberapa tips ini akan untuk Anda.