Sunday 25 December 2011

Tips MENJAGA KESEHATAN OTAK

TIPS MENJAGA KESEHATAN OTAK

1.HINDARI BERPIKIR TERLALU KERAS
orang yang stress atau depresi biasanbya otak di pakai terus menerus memikirkan sesuatu sehingga badan terkena dampak negatifnya dan menjadi sakit.bila anda depresi atau stres sebaiknya anda konsulatasi dengan orang kepercayaan anda agar dapat solusi atau jalan keluar dari masalah yang di hadapi jika sedang sakit jangan banyak berpikir agar cepat sembuh.

2.LINDUNGI DAN JAGA KEPALA DARI BENTURAN DAN CIDERA
banyak dari kita yang tidak sadar hal ini atau bahkan mengabaikannya contoh pada waktu bersepeda motor tidak pakai helm, mahasiswa atau pelajar sering tawuran yang tidak mempedulikan kepala mereka, mereka tidak pernah berpikir apa akibatnya jika terjadi benturan di kepala. benturan keras di kepala bisa merusak otak kita bahkan bisa menyebabakan kematian.maka dari iitu lindungi kekpala kita dari benturan.

3.OTAK TUMPUL ATAU TEPO KARENA JARANG DI PAKAI
jika anda tidak mau punya maasalah dengan lemah otak atau lemot.maka kita harus sering menggunakan otak kita untuk berpikir yang merangsang stimulasi otak seperti dengan belajar,berpikir kritis,maen game puzzle,dll jika jarang di pakai otak pun akan lemah dan menyusut sehingga kita akan menjadi orang lemot jika di ajak bicara sering gak nyambung.

4.KEKURANGAN OKSIGEN DAN POLUSI UDARA

otak juga membutuhkan oksigen untuk beraktivitas secara optimal. hindari tempat tempat yang menpunyai polusi yang sangat tinggi gunakan masker jika lama beraktivitas di tempat yang berpolusi tingggi peerbaiki ventilasi udara anda.

5.POLA MAKAN YANG SALAH DAN TIDAK SEHAT
makanlah makanan empat sehat lima sempurna karena otak manusia menbutuhkan suplai nutrisi yang cukup untuk tumbuh berkembang.jangan terlalau banyak makan sehingga kegemukan yang dapat menyumbat pembuluh otak jangan banyak mengkomsumsi gula karena hal ini akan menghalangi penyerapan protein dan gizi pada tubuh kita.

6.TIDAK MEROKOK DAN MENGKONSUMSI NARKOBA ATAU SEJENISNYA
dengan gemar merokok da menkonsumsi narkoba otak akan rusak dan kehilangan fungsinya. selain itu otak akan rentan terserang penyakit mulai dari yang ringan sampai yang berat.

7.KURANG TIDUR DAN MENGISTIRAHATKAN OTAK
otak kita juga butuh istirahat setelah seharian digunakan untuk beraktivitas.istirahat otak bisa di lakukan dengan sesuatu yang rileks seperti tidur-tiduran,dengerin musik,nonton film komedi dll.