Sunday 25 December 2011

Tips tips memilih produk makanan saat berbelanja

Jika pergi ke supermarket, kita disodori dengan ribuan produk yang bisa kita pilih. Banyaknya pilihan produk tentu saja menyenangkan karena berarti kita bisa mendapatkan produk bermutu dengan harga yang bersaing. Namun, banyaknya pilihan produk terutama produk makanan tersebut tidak seyogyanya serta merta membuat kita lengah dalam mencari ”kualitas” yang terbaik.

1. Hindari membeli makanan yang Anda tidak yakin higienitas, keaslian bahan bakunya atau proses produksinya.
2. Lebih baik mengkonsumsi produk makanan yang segar daripada yang sudah dikalengkan / olahan. Oleh sebab itu, jika memang akan membeli produk seperti itu, lebih baik membelinya di gerai/outlet yang Anda percayai yang dapat memberi jaminan keamanan produk.
3. Jika membeli daging pilih yang rendah lemak dan hindari jeroan. 9. Pastikan kemasan masih utuh dan tidak menggelembung (makanan kalengan). 11. Pastikan makanan bebas bahan pengawet, pewarna atau kimia lain yang berbahaya. Jika sulit untuk membuktikan adanya kandungan kimia yang berlebihan/berbahaya, maka sebaiknya Anda membeli produk yang Anda inginkan dari outlet/produsen yang Anda percayai.
4. Hindari memilih makanan yang Anda rasa warnanya tidak ”wajar” alias ”mencolok” misalnya saos tomat/sambal yang terlalu merah dll.
5. Hindari membeli makanan yang berbau tidak ”wajar” karena mungkin sudah tidak segar, atau diberi pengawet yang mungkin berbahaya.
6. Hati-hati memilih produk makanan yang harganya sedang diskon karena biasanya waktu kadaluarsanya sudah dekat. Pastikan Anda memilih yang masih bagus.

7. Hindari atau kurangi mengkonsumsi produk yang Anda curigai banyak ”terexpose” oleh zat yang tidak sehat, misalnya ayam atau produk peternakan lain yang seringkali diberi antibiotik semasa budidayanya.
8. Jika Anda menggemari teh, sebaiknya pilih yang berbentuk daun untuk direbus, karena masih tingginya kontroversi teh yang menggunakan kantong celup (ada yang dicurigai menggunakan bleach).
9. Kurangi konsumsi makanan gorengan, apalagi yang dikemas, karena minyak goreng yang telah teroksidasi karena lama tersimpan, sangat tidak baik untuk kesehatan Anda.
10. Sebaiknya hindari produk yang Anda curigai berasal dari hasil rekayasa genetika, misalnya sayur yang terlalu besar dll.
11. Hindari penggunaan wadah styrofoam untuk makanan terutama yang panas. Saat ini telah banyak produsen makanan/restoran yang tidak lagi menggunakan bahan ini untuk wadah makanannya karena menyadari bahayanya.
Lebih aman memang memilih produk alami / organik karena meskipun produk sehat seperti ini biasanya lebih mahal, tetapi masih lebih murah dibanding jika Anda harus pergi berobat karena penyakit yang disebabkan oleh konsumsi produk yang serampangan.