Wednesday 28 December 2011

Pramuka Wadah Pendidikan Kepribadian

Membangun pengetahuan dan sikap bela Negara melalui pendidikan sedini mungkin sangatlah penting, apalagi bila dipadukan dengan melatih keterampilan fisik untuk mengatasi tantangan sekaligus mencintai alam, dan wadah yang paling cocok dengan tujuan diatas salah satunya adalah Gerakan Pramuka. Seperti yang di utarakan oleh Pangdam Jaya / Jayakarta Mayjen TNI J. Suryo Prabowo.
Bahkan beliau menambahkan bangsa ini akan maju jika kualitas sumber daya manusia dan semangat kebangsaannya sangat tinggi.
Gerakan Pramuka yang merupakan lembaga non formal mempunyai peran penting untuk memberikan komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggungjawab pada masa depan. Karena Pramuka bertujuan mendidik kaum muda Indonesia agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang handal. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka kabupaten Banjar Ir. H. Yusni Anani saat bertindak pembina upacara pada pembukaan Lomba Ketangkasan Tingkat Penggalang se kabupaten Banjar, Minggu (02/3) bertempat di Halaman Gedung DPRD Banjar
generasi muda sudah seharusnya ikut serta membangun dan menciptakan keamanan, ketentraman dan ketenangan ditengah-tengah masyarakat. Jangan justru sebaliknya bersikap apatis, tidak perduli yang akhirnya justru menjadi beban bagi bangsa ini. Wadah Gerakan Pramuka yang telah dipilih sebagai salah satu wadah perjuangan menjadi pilihan yang bijaksana, sebab Kader-kader pemimpin masa yang akan datang haruslah pribadi yang terpilih dan terlatih berorganisasi dengan baik..

Ayo Kita bangkit bersatu untuk bekerja keras membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju, aman, adil dan sejahtera. Kita bangkit membangun diri untuk menjadi Bangsa yang besar yang setara dengan bangsa-bangsa lain. Momentum peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional hendaknya menggugah semangat kebangkitan generasi muda dengan tekad mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebagai generasi muda penerus yang diharapkan mampu menjadi kader-kader pejuang bangsa yang dapat berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara.