Thursday 22 December 2011

Manfaat jamur Ling Zhi



Manfaat jamur Ling Zhi – Jamur Ling Zhi pertama kali dikonsumsi oleh kaisar Sin Shi Huang Ti (Huang Di) pada 250 SM sebagai obat untuk panjang umur atau agar tetap awet muda. Sementara menurut para herbalis di negeri tirai bambu itu menyebutkan bahwa jamur ini telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman Kaisar Shen Nung (2737 SM). Dalam catatan pengobatan kuno terutama di negeri Cina, Jepang dan Korea menempatkan Ling Zhi sebagai bahan konsumsi onat utama yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.
Di Cina sendiri jamur Ling Zhi sering dikenal dengan banyak nama seperti chi zhi, ling chi, chih ling chi, ling chih, ch’i chi dan ling zee. Sementara di jepang gonaderma dikenal dengan nama reizhi, ray-she dan ree-she. Sedangkan di luar Cina para herbalis menyebut jamur kayu yang berkhasiat obat ini dengan berbagai sebutan. Seperti herb of spirit potency (herba pembangkit potensi), the thousand of spirit year mushroom (jamur seribu tahun), red fungus (cendawan merah), elixir of life (cairan kehidupan) dan lain-lain.
Sebagai bahan obat jamur ling zhi atau ganoderma telah di produksi dalam bentuk serbuk halus ekstrak maupun keratan kering. Beberapa di antaranya telah di buat dalam bentuk kapsul yang mengandung 500 mg ekstrak murni. Atau juga dalam bentuk kemasan seduh yang dapat diminum bersama air. Adapun manfaat bagi kesehatan dan beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jamur Ling Zhi adalah sebagai berikut.

- Menambah stamina

Jamur Ling Zhi sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dapat di buktikan dengan semakin meningkatnya penyerapan oksigen dalam darah hingga 1,5 kali. Hal itu terjadi karena germanium organik memiliki sifat yang mudah bereaksi dengan zat hidrogen yang harus di buang oleh tubuh. Seperti diketahui zat hidrogen di buang dari tubuh setelah bergabung dengan oksigen dalam bentuk air.
Selain itu kandungan germaniumnya yang di atas 800 ppm merupakan bahan penambah stamina kualitasnya lebih baik dibanding gingseng (yang hanya mengandung germanium organik 250-320 ppm). Berkaitan ganoderma ini juga telah disepakati sebagai jamur yang bersifat afrodisiakum atau dapat meningkatkan vitalitas seksual.

- Mencegah dan mengobati kanker

Dari hasil penelitian di Jepang dan Amerika Serikat diketahui hal yang positif bahwa Ling Zhi dapat dijadikan obet untuk menangkal dan mencegah efek karsinogen dari sel-sel kanker. Kandungan bahan aktif dalam jamur Ling Zhi juga bisa digunakan mengobati penyakit kanker.
Manfaat Ling Zhi dalam mengatasi kanker dikarenakan oleh efektivitas bahan aktif dari senyawa ganodermin, asam ganodermin beserta senyawa-senyawa lainnya yang disebut sebagai grup kompleks polisakarida. Senyawa-senyawa ini di samping dapat merangsang sel T-helper juga menghancurkan sel-sel yang sudah terinfeksi sehingga tidak menyebar ke sel-sel lainnya yang masih sehat.

- Mengeluarkan racun

Pemanfaatan jamur Ling Zhi untuk obat penawar racun telah lama dilakukan oleh suku bangsa Maya atau suku Indian (Meksiko). Khasiatnya sebagai obat penawar racun ini sangat berkaitan dengan kandungan bahan aktif berupa germanium organik yang terdapat di dalam jamur. Bahan aktif germanium organik GE+32 merupakan unsur kimia yang larut dalam air, memiliki sifat semi konduktor netral dan mudah menyatu dengan elektron dari substansi lain. Unsur ini masih termasuk senyawa antidotum semacam senyawa oksida sekui yang dapat mengikat dan mengeluarkan racun dari tubuh dalam waktu 20 jam saja.
Oleh karena itu senyawa germanium organik sangat baik bagi kelancaran metabolisme tubuh. Senyawa ini juga bermanfaat dalam membantu mengatasi gangguan fungsi ginjal dan melancarkan pembuangan sisa-sisa metabolik yang sudah tidak digunakan lagi.

- Mengatasi gangguan pernapasan

Kombinasi gugus-gugus polisakarida dalam ganoderma merupakan senyawa obat yang sangat baik dalam mengatasi gangguan pernapasan. Antara lain membasmi bakteri patogenik yang menyerang paru-paru, seperti bakteri Mycobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri penyebab penyakit TBC.
Efektivitasnya sebagai bahan antibakterial tersebut dapat disebabkan adanya kandungan zat peptidoglukan yang terdapat pada jamur Ling Zhi. Disamping untuk mengobati tuberkulosis ling zhi bisa dipakai untuk mengatasi batuk dan sesak napas.

- Melancarkan perdarahan darah

Ling Zhi dapat melancarkan sistem perdarahan darah terutama dalam membantu efek vasodilitasi aliran darah yang menuju jantung. Kandungan beberapa senyawa aktifnya juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah khususnya yang disebabkan oleh kelebihan ion-ion klorin dalam garam dan menghilangkannya sehingga dapat mencegah hipertensi. Bahan aktif dalam Ling Zhi juga dapat membantu mengatasi gangguan fungsi jantung yaitu dengan jalan menormalkan kembali blood disorder.

- Diabetes Mellitus

Kandungan senyawa asam ganodermik dan ganodermin dapat menurunkan kadar gula darah. Ini akan sangat membantu bagi orang yang sedang menderita diabetes mellitus. Senyawa aktif dalam jamur Ling Zhi tersebut juga dapat merangsang fungsi pankreas yang dalam memproduksi insulin. Dengan begitu akan berpengaruh baik terhadap penderita diabetes yang tergantung pada insulin.

- Meningkatkan kekebalan tubuh

Jamur Ling Zhi juga dapat membantu dalam mengatasi gangguan fungsi hati khususnya akibat penurunan sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa aktif polisakarida yang terdapat dalam jamur Ling Zhi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini seperti hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar kesehatan Jepang di Koseisho Health Departemen.
Anda juga dapat mengetahui khasiat jamur lainnya di manfaat jamur tiram dan manfaat jamur kuping. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

fungsi jamur , manfaat jamur , khasiat jamur lingzhi , peranan jamur disease , manfaat ling zhi , manfaat jamur untuk kanker , manfaat jamur ling zhi , lingzhi untuk TBC , ling chi , khasiat jamur lingzhi jepang 0 0