Friday 2 December 2011

3 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh


Mengkonsumsi susu memang salah satu upaya yang bisa anda dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.Namun tidak semua orang bisa dengan mudah untuk membeli susu untuk konsumsi hidup sehari-hari.Selain harganya yang mahal,mengkonsumsi susu instant juga harus disesuaikan dengan usia peminum.Namun kini ada alternatif lain yang bisa dilakukan sebagai substitusi susu,yaitu dengan mengkonsmsi susu kedelai.Susu kedelai juga memiliki kandungan vitamin dan protein yang cukup tinggi.kandungan nutrisi yang tinggi, khususnya isoflavon genistein, dan daidzein sangat baik untuk konsumsi semua anggota keluarga.Nah,apa sih manfaat susu kedelai menurut para ahli ?
  • Kesehatan Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa protein kedelai menurunkan LDL kolesterol buruk, dan mereka cenderung meningkatkan HDL kolesterol baik. Isoflavon kedelai juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi kolesterol HDL dari oksidasi. Isoflavon genistein kedelai juga dapat meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah.
  • Kesehatan Tulang
Kedelai juga dapat mengurangi risiko osteoporosis (pengeroposan tulang). Isoflavon pada kedelai serupa dengan estrogen sintetis seperti tamoxifen dan ipriflavone, yang telah terbukti efektif untuk mencegah atau mengurangi keropos tulang.
  • Menopause
Kedelai juga mengurangi keluhan pramenopause dan pascamenopause. Data epidemiologis menunjukkan bahwa perempuan Asia tingkat produksi keringatnya lebih rendah pada malam hari dibandingkan dengan wanita Barat. Hal ini karena perempuan Asia yang mengkonsumsi kedelai lebih banyak. Satu penelitian baru menunjukkan bahwa 60 gr isolat protein kedelai ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari secara substansial mengurangi frekuensi berkeringat dalam beberapa wanita pascamenopause.