Friday 2 December 2011

Mengenal Gejala Dini dan Ciri-Ciri Penyakit Lupus

Penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan patut diwaspadai.Di Indonesia memang jenis penyakit ini masih cukup jarang terjadi,namun bukan berarti tidak mungkin penyakit ini menyerang anda karena memang penyakit lupus menyerang semua golongan tak mengenal usia.Satu hal yang mengerikan juga bahwa penyakit Lupus ini tergolong ke dalam penyakit yang cukup berbahaya dan cukup mematikan.Penyakit lupus disebabakan oleh oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu kuat sehingga menyerang sel-sel di dalam tubuh itu sendiri. Berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem syaraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah dapat diserang oleh penyakit lupus, dan tak jarang, menimbulkan kematian.
“Penyakit ini timbul karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres.”
Berikut ini gejala umum penderita lupus yang dijelaskan Dr Gunadi :
  • Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu yang biasa disebut butterfly rash. Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap lupus.
  • Anemia, akibat sel-sel darah merah yang hancur oleh penyakit lupus.
  • Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.
Hingga kini, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan lupus secara total. Yang ada hanya pengobatan untuk mencegah perluasan.